You cannot copy content of this page..!
PENDIDIKANUMUM

Kegiatan Summer ICT Volunteers Kyungpook National University Korea di Politeknik Negeri Jember

Berdasarkan kunjungan kerja sama dari salah satu perwakilan dari Kyungpook National University (KNU) Korea Selatan dalam artikel Kunjungan Dosen dari KNU Korea Selatan tentang Kegiatan KNU ICT Volunteers. Tepat pada tanggal 1 Juli 2019 sebanyak 20 perwakilan mahasiswa, 2 karyawan yaitu Mr. Ji Jeung Geun dan Mr. Sung Min Gi dan juga Professor Chung Wonil dari KNU tiba di bandara Juanda Surabaya dilanjutkan perjalanan menuju Jember dan langsung menuju hotel yang telah disediakan yaitu Hotel Aston Jember. Rencananya mereka akan melaksanakan kegiatan ini selama kurang lebih 20 hari akan berada di Jember.

Tanggal 2 Juli mereka datang ke Politeknik Negeri Jember untuk Opening Ceremony di gedung A3 ruang G2 yang dihadiri oleh Direktur dan Wakil Direktur untuk menyambut kedatangan peserta pada kegiatan ini. Dari 20 mahasiswa KNU nantinya akan dibagi menjadi 5 kelompok masing-masing 4 orang dan akan didampingi oleh seorang buddies perwakilan dari mahasiswa Teknologi Informasi terpilih. Setelah upacara pembukaan dan makan siang mereka diajak untuk melakukan Campus Tour untuk melihat Gedung Jurusan Teknologi Informasi, Smart Green House dan Parbrik Roti SIP.

Mahasiswa KNU Tiba di POLIJE

Tanggal 3 Juli akan diadakan kegiatan matrikulasi tentang Perkenalan tentang Indonesia dan Exhibition dari perwakilan mahasiswa JTI untuk melakukan pameran produk karya mahasiswa JTI selama kegiatan perkuliahan dan praktikum dan disaksikan oleh mahasiswa KNU dan setelah makan siang dilanjutkan matrikulasi kedua yaitu Perkenalan tentang budaya Korea Selatan oleh mahasiswa KNU.

Pada hari berikutnya tanggal 4-5 Juli, setiap tim dari mahasiswa KNU masuk ke lab masing-masing untuk membahas projek teknologi informasi yang akan mereka buat sebagai tugas akhir dalam kegiatan ini. dalam kegiatan ini mereka didampingi Tim Projek dari JTI yaitu 2 dosen pendamping dan 3 mahasiswa untuk membimbing mereka dalam mengerjakan projek tersebut dan minggu pertama kegiatan mereka berakhir. Selanjutnya pada hari sabtu tanggal 6 Juli mereka diajak untuk berwisata untuk mengenal Jember yaitu dengan mengunjungi Pantai Papuma Jember.

Mahasiswa KNU dan Buddies di Pantai Papuma

Pada minggu kedua tepatnya tanggal 8-9 Juli mereka melanjutkan mengerjakan dan diskusi tentang projek tugas akhir mereka, dan pada tanggal 10 Juli terdapat sebuah presentasi dari perwakilan Polije untuk menjelaskan tentang kultur Indonesia yaitu Gamelan dan setelah makan siang mereka diajak untuk bisa berlatih memainkan gamelan dan sebagian menyanyikan lagu daerah yang berjudul “Suwe Ora Jamu“.

Mahasiswa KNU Dibimbing Mengerjakan Projek Tugas Akhir.

Pada tanggal 11 Juli giliran dari mahasiswa korea untuk menjelaskan tentang Kultur Korea Selatan sembari pada siangnya berlatih kembali memainkan gamelan.

Mahasiswa KNU Latihan Gamelan

Pada tanggal 12 Juli mahasiswa KNU difokuskan untuk menyelesaikan projek tugas akhir dan membuat presentasi dari projek itu, dan pada esoknya tanggal 13 Juli mereka diajak untuk bermain Permainan Tradisional di Tanoker Ledokombo Jember.

Pada Tanggal 15 Juli mahasiswa KNU mempersiapkan latihan Performance Dance untuk berkunjung pada tanggal 16 Juli ke SMA Negeri 1 Jember untuk bertemu siswa baru dan berbagi cerita menjelaskan bagaimana Kultur Korea Selatan di sekolah tersebut. Setelah melaksanakan Community Service pada paginya, pada malam hari semua tim dari KNU dan tim dari Polije berkumpul makan malam terakhir bersama di All New Kemuning

Community Service di SMA Negeri 1 Jember

Pada tanggal 17 Juli yang merupakan akhir dari kegiatan ini mahasiswa KNU kembali ke Polije untuk Closing Ceremony yang dihadiri oleh Direktur Polije untuk memberikan sambutan dan terima kasih atas suksesnya kegiatan ini, beliau berharap semoga hubungan kerjasama antara Polije dan KNU tahun depan terlaksana kembali. Akhir dari kegiatan ini mahasiswa menunjukkan hasil latihan bermain Gamelan di depan Direktur dan karyawan di Polije.

Closing Ceremony

Menutup kegiatan ini mahasiswa KNU diajak berwisata ke Gunung Bromo untuk lebih mengenal salah satu keindahan Indonesia dan pada tanggal 20 Juli semua mahasiswa KNU dan karyawan bersiap untuk kembali Korea Selatan.

(djuliar)

Sumber Artikel : http://jti.polije.ac.id/artikel/66-kegiatan-summer-ict-volunteers-kyungpook-national-university-korea-di-politeknik-negeri-jember

Tags

David Juli Ariyadi

Admin Website Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Jember

Related Articles

Back to top button
Close
Close