You cannot copy content of this page..!
PUBLIKASI ILMIAHUMUM
Trending

JADWAL DISTRIBUSI DAN CITARASA MAKANAN BERHUBUNGAN DENGAN SISA MAKANAN PASIEN DI RUANG PERAWATAN OBGYN DAN BEDAH RSD. DR. SOEBANDI JEMBER

Arinda Lironika Suryana, Mailia Yunda Suryadi

Latar Belakang : Penerimaan makanan rumah sakit masih menjadi masalah serius. Daya terima pasien ditunjukkan dengan banyak sedikitnya makanan tersisa. Tingginya sisa makanan menyebabkan ketidaksesuaian asupan dengan kebutuhan gizi yang akhirnya berdampak malnutrisi. Sisa makanan pasien di ruang obgyn dan bedah masih tinggi ≥20%. Jadwal distribusi dan citarasa makanan kemungkinan menjadi faktor penyebabnya.

Tujuan : Menganalisis hubungan jadwal distribusi dan citarasa makanan dengan sisa makanan pasien di ruang perawatan obgyn dan bedah RSD. dr Soebandi Jember.

Metode : Jenis penelitian ini survey analitik dengan rancangan cross sectional study. Sampel berjumlah 51 orang, diambil dengan teknik purposive samping. Sampel adalah pasien obsgyn dan bedah berumur 18-60 tahun, mendapat makanan biasa dan kondisi sadar. Jadwal distribusi didapatkan dengan mengamati ketepatan waktu distribusi makanan mulai dari dapur instalazi gizi hingga makanan sampai kepada pasien selama 3 hari. Citarasa makanan diperoleh melalui wawancara dan kuesioner. Pengukuran sisa makanan menggunakan visual comstock. Data dianalisis dengan uji korelasi Rank Spearman.

Hasil : Rata-rata sisa makanan pasien di ruang obgyn dan bedah 27,6%. Sisa makanan pada pasien laki-laki dan perempuan berbeda signifikan (p=0,001). Sebanyak 52,9% pasien yang sisa makanannya banyak, mendapatkan makanan dengan jadwal distribusi yang tepat. Jadwal distribusi tidak berhubungan signifikan dengan sisa makanan (p=0,218). Subyek yang menilai citarasa makanannya baik, hampir semuanya (71,4%) menyisakan sedikit makanan. Terdapat korelasi positif yang signifikan antara citarasa makanan dengan sisa makanan (p=0,001; r=0,471).

Kesimpulan : Jadwal distribusi makanan tidak berhubungan dengan sisa makanan pasien. Namun, citarasa makanan berhubungan dengan sisa makanan. Semakin baik citarasa makanan semakin sedikit sisa makanan. 

KEYWORDS

plate waste, taste of food, timetable of distribution

Jurnal lengkap damat dilihat di : https://e-journal.unair.ac.id/AMNT/article/view/14591/0

Related Articles

Back to top button
Close
Close